Friday, May 12, 2017

Warung Babi Guling Bu Made Sekar

Warung babi guling ini sudah menjadi warung langganan gue sekeluarga sejak beberapa tahun yang lalu, awal-awal kami masih bisa dicap sebagai turis di Bali. Waktu itu, kami bertiga menginap di sebuah hotel di daerah Legian yang jarak tempuhnya ke warung babi guling ini nggak begitu jauh dengan kaki pun. Terletak di pengkolan dekat Pasar Kuta, warung makan ini ternyata masih buka meskipun waktu itu sudah menunjukkan pukul 10 malam. Lauk-lauknya masih cukup banyak, pengunjungnya pun masih ramai, dan untungnya masih ada meja untuk kami makan di tempat.



Gue selalu takjub dengan pemandangan kepala babi yang dipajang di etalase. Maaf, ya, mungkin ada dari kalian yang agak risih melihat foto kepala babi panggang yang gue selipin di postingan ini. Tutup mata aja, ya. 


Terdiri dari beberapa rak, etalase di warung babi guling milik Bu Made ini menampilkan pilihan lauk serba babi guling yang menggiurkan. Banyak banget pilihannya, gue sampai bingung mau yang mana. Ada kerupuk babi, kulit babi garing, sate babi, sate lilit ikan, gorengan babi, usus ayam garing, semur babi, abon babi, daging ayam sambal, potongan daging babi guling, sampai sayur urap pun semuanya ada. Pusing, kan? Sama!


Lauk yang paling gue suka dari semuanya adalah gorengan babi, dengan kegaringannya yang nggak bisa dikalahin, rasanya yang gurih, dan tingkatan umami yang melebihi tingkat dewa. Seenak itu dan senagih itu! Gue biasanya suka bawa pulang sekantong kresek untuk dicemilin. Dan, biasanya, meskipun gue belinya malem-malem, pagi-paginya pun masih renyah. Mau digadoin, atau dimakan pakai nasi hangat dan sambal pun enak. 


Kalau makan di tempat, biasanya gue memesan nasi campur, yang terdiri dari nasi dan semua lauk-pauk yang ada di warung itu. Gue selalu minta untuk dipilihin bagian dagingnya karena gue nggak doyan lemak, kecuali lemak kering renyah yang ada di kerupuk babi dan gorengan babi. 



Gurih, manis, asin, pedas, enak, semua ada dalam satu suapan nasi campur tersebut. Harus banget dalam satu suapan itu semua lauknya kebawa, jadi biar meledak-ledak rasanya di lidah. Gurih dan pedasnya ayam ada, renyah dan asin dari gorengan babi ada, cita rasa khas sate lilit bali pun ada, pokoknya semua rasa menyampur jadi satu dan, sumpah, enak banget!

Kalau kalian main ke Bali dan menginap di daerah Legian, sempetin untuk mampir ke Warung Bu Made di Pasar Kuta, ya. Nggak nyesel, deh! 


Warung Babi Guling Bu Made Sekar
Pengkolan Pasar Kuta
(Tanya warga lokal sekitar, pasti tau!)

Opening hours:
Suka-suka Bu Made, tapi biasanya dari maghrib sampai tengah malam

No comments:

Post a Comment