Monday, September 17, 2018

Jank Jank Wings

Akhir-akhir ini gue lagi doyan-doyannya makan chicken wings. Padahal, selama 23 tahun lebih hidup gue di bumi, gue nggak bisa makan bagian ayam lain kecuali bagian dadanya. Tapi, entah sejak kapan, semua itu berubah. Gue mulai bisa makan bagian sayap sampai ke tulang-tulangnya. Bagian paha pun perlahan mulai gue tekuni. Bahkan sekarang gue udah bisa makan ayam goreng digigit langsung tanpa disuwir dulu seperti biasanya. Perubahan yang cukup signifikan, bukan?

Hari minggu kemarin, gue mencoba chicken wings garapan Jank Jank Wings yang berlokasi di daerah Rungkut. Gue beli 18 potong sayap ayam dengan tiga saus yang berbeda, yaitu Cheese, Barbeque Hickory Smoke, dan Hot Gaprok, dengan harga total Rp90.000,00 sudah beserta ongkos kirim ke daerah Surabaya Timur. Karena jarak Rongkut dengan hotel tempat gue menginap nggak begitu jauh, gue hanya perlu menunggu sekitar setengah jam saja sampai pesanan gue sampai. 

Ayamnya digoreng dengan sejenis tepung yang membuat potongan ayam tersebut mirip dengan tampilan ayam McDonald dan ayam Sabana, hanya saja sepertinya digorengnya kurang lama karena warna hasil gorengannya masih kuning langsat dan bukan kuning kecoklatan. Meskipun begitu, hasil gorengannya cukup bagus, menurut gue, dilihat dari tnigkat kerenyahan kulit ketika gue gigit dan gue suwir. Dagingnya cukup empuk, sayangnya warnanya agak pucat. 

I present you, Jank Jank's chicken wings!

Dari tiga saus yang gue pesan, yang paling gue suka adalah saus Barbeque Hickory Smoke. Rasa barbequenya nggak terlalu membuat mual, manisnya nggak berlebihan, dan yang membuat saus itu enak adalah rasa asap, atau smokey flavor-nya, yang ketara banget. Ada sedikit rasa merica di dalam saus itu juga sehingga membuat varian rasanya semakin beragam.

Rasa saus kejunya cukup gurih dan sedikit asin, cocok dipadukan dengan suwiran daging ayam yang empuk dan lembaran kulitnya yang kriuk. Sayang, sausnya terlalu encer. Padahal kalau dibuat lebih kental akan lebih nendang dan, mungkin, bisa ngalahin saus barbeque tadi. 

Look at them crispy wings. 

Saus yang terakhir adalah saus Hot Gaprok, yang pada intinya adalah saus pedas dengan sedikit rasa manis yang rasanya mirip-mirip dengan rasa sambal di restoran-restoran Thailand. Pedasnya nyegrak, membuat gue bengek di suapan pertama, dan pedasnya crnderung pahit. Tapi, setelah gue telan, barulah gue bisa merasakan aftertaste manis di pangkal lidah gue. Cukup menyenangkan, tapi tetap bukan favorit gue. 

Clockwise, from the top: Hot Gaprok, Cheese, Barbeque Hickory Smoke.

Tapi, meskipun chicken wings dari Jank Jank Wings cukup enak, gue masih lebih senang dengan chicken wings kepunyaan Crazy Wings yang waktu itu gue pesan ke kostan melalui aplikasi Go-Food. Ayamnya lebih garnig dan lebih enak, menurut gue, meskipun hasil gorengannya lebih mirip ayam goreng rumahan daripada ayam goreng McDonald. Menurut kalian, bagaimana?


Jank Jank Chicken Wings
Jl. Dukuh Kupang VI, No. 15-17
Dukuh Pakis, Kota Surabaya

Opening Hours:
MON - SUN: 10AM - 11PM

Contact:
(+62)822 4504 5093

No comments:

Post a Comment